Sertijab Kadispsiad, Dispsiad Akan Terus Bantu Masalah Psikis Pasien Covid-19 di Wisma Atlet

Jabatan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) diserahterimakan dari Brigjen TNI Dr Eri Radityawara Hidayat, MBA, MHRMC kepada Kolonel (Caj) Drs Bambang Sutisna M.Psi. 

 

Kadispsiad Farewell Cycling, gowes bersama dalam rangka lepas sambut Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat.

Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat Brigjen TNI Eri R. Hidayat, MBA, MHRMC dan Ketua Persit Dispsiad Cabang III PG Mabesad, bersama sejumlah pimpinan di wilayah Kodam III/Slw melaksanakan kegiatan bersama di akhir pecan, Minggu (24/01/2021).

PENYULUHAN PSIKOLOGI DAN SOSIALISASI KONSELING ELEKTRONIK BAGI PRAJURIT TNI AD TA. 2020 KOREM 181/PVT.

Pada hari Rabu tanggal 25 November 2020 pukul 10.30 WIT, Tim Dinas Psikologi TNI AD Mayor Caj (K) April dan Letda Caj Chakti Pibowo didampingi Pasi Pers Korem 181/PVT Mayor Caj (K) Welmientje Matulapelwa dan Kabintal Korem 181/PVT Lettu Inf Abner Salawati, melaksanakan penyuluhan Psikologi tentang bunuh diri dan Sosialisasi Konseling Elektronik (Kons-el) bagi prajurit TNI AD Jajaran Korem 181/PVT TA. 2020, bertempat di Aula Mess Korem 181/PVT Jl. Pramuka No.1 Kelurahan Malamso Distrik Malaisimsa, Kota Sorong Prov, Papua Barat.

PENDATAAN PSIKOLOGI CALON PESERTA PPRA (PROGRAM PENDIDIKAN REGULER) LEMHANAS ANGKATAN LXII TA.2021

Sebanyak 103 orang pada Hari Selasa, 24 November 2020 mengikuti pendataan psikologi dalam rangkaian kegiatan Program Pendidikan Reguler Angkatan LXII Lemhannas RI TA.2021 yang bertempat di kantor Lemhannas RI Jalan Medan Merdeka Selatan. Dinas Psikologi Angkatan Darat yang merupakan Badan Pelaksana Pusat di jajaran TNI AD mendapat kepercayaan dari Lemhannas RI untuk melaksanakan pendataan psikologi tersebut.

PENYULUHAN PSIKOLOGI DAN SOSIALISASI KONSELING ELEKTRONIK (KONS-EL) BAGI PRAJURIT TNI AD TA 2020 DI KOREM 152/BABULLAH TERNATAE

Prajurit Korem 152/Babullah menerima Penyuluhan Psikologi dan Sosialisasi Konseling Elektronik.

Ternate, Bertempat di Gedung Olahraga SMK 2 Ternate, Dinas Psikologi Angkatan Darat melaksanakan Penyuluhan  Psikologi  dan Sosialisasi Konseling Elektronik kepada prajurit Korem 152/Bbl dan jajaran. (26/11/2020) 

Tim Psikologi yang dipimpin oleh Letkol Caj Dwi Yanu, M.Psi., Psikolog 

Konseling psikologi

Lembaga Perawatan Psikologi merupakan salah satu fungsi utama Dispsiad dengan tugas pokok menyelenggarakan kegiatan Pencegahan dan penanganan permasalahan psikologis maupun penyimpangan perilaku yang dihadapi prajurit TNI-AD dan keluarganya dengan tugas dan kewajiban antara lain menyelenggarakan kegiatan Klinik Psikologi. Dalam kegiatan Klinik Psikologi ada kegiatan konseling psikologi ( konsultasi psikologi ).

DISPSIAD TERIMA SATU UNIT AMBULANCE DARI BRI.

DISPSIAD TERIMA SATU UNIT AMBULANCE DARI BRI .

Bandung, Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC menerima hibah satu unit Ambulance dari BRI, bertempat di Gedung Upala Pratama Dispsiad, Bandung, Kamis (25/6/2020).

KADISPSIAD DAN REKTOR UNJANI TINGKATKAN KERJA SAMA BIDANG PSIKOLOGI MILITER GUNA MEWUJUDKAN SDM PSIKOLOGI YANG UNGGUL DAN PROFESIONAL

Pada 27 Mei 2020, Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC menerima kunjungan kerja Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Prof. Hikmahanto Juwana S.H., LL.M., Ph.D di Gedung Upala Pratama Dispsiad. Pada kunjungan kerja tersebut Rektor didampingi Dekan Fakultas Psikologi Unjani Brigjen TNI (Purn) Dr. Arief Budiarto, DESS dan Dekan Fakultas Kedokteran Unjani Brigjen TNI (Purn) Dr Sutrisno Sudjono, dr., SH., MARS., M.Hkes. Kunjungan kerja yang berlangsung selama kurang lebih dua setengah jam tersebut merupakan tindak lanjut atas Perjanjian kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya oleh Kadispsiad dengan Dekan Psikologi Unjani pada 5 Maret 2020. Selain itu, kunjungan kerja dilakukan sebagai upaya dan semangat Rektor baru Unjani untuk merealisasikan keinginan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa yang menginginkan adanya pembaruan program dalam rangka membuat Unjani lebih maju dan dikenal masyarakat.

PKS TNI AD dengan Unpad dan Unjani, Bangun SDM Unggul dan Bentuk Program Studi Psikologi Militer

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan  Universitas Padjajaran  (Unpad) dan Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) yang merupakan langkah terobosan TNI AD, tidak hanya menyiapkan personelnya sebagai SDM yang unggul dan memiliki competitive advantages , namun juga untuk mendukung Fakultas Psikologi (Fakpsi) di Unpad dan Unjani. Demikian rilis yang disampaikan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC, Bandung, Kamis (5/3/2020).

PANCASILA DALAM SUDUT PANDANG PSIKOLOGI

Center of Behavior Research (CBR) suatu lembaga psikologi yang bergerak dalam bidang penanganan pencandu narkoba, melakukan audiensi ke Markas Dinas Psikologi Angkatan Darat pada 3 Maret 2020. CBR diterima oleh pihak Dispsiad yang dipimpin oleh Kadispsiad Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC, sedangkan dari Pihak CBR diwakili oleh Direktur Utama Jesse Monintja, MA. Psy, Drs. H. Hatta Albanik, M.Si., Psikolog, Rum Aly, dan Nindya Utami. Acara audiensi membahas rencana pelaksanaan Seminar Nasional yang bertema penerapan Pancasila dalam sudut pandang psikologi. 

GOWES RANAH MINANG DAN DEKLARASI ARMY CYCLING CLUB TNI AD JAJARAN KOTAMA/BALAKPUS DI GEDUNG BALAI KOTA BUKIT TINGGI

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman, secara resmi mendeklarasikan peresmian Club Sepeda (Army Cycling Club) TNI AD dan Kotama/Balakpus di Gedung Balai Kota Bukit Tinggi pada Sabtu 22 Februari 2020 malam. Deklarasi tersebut dihadiri 15 Jenderal dan PJU bukit tinggi yang memiliki hobi bersepeda. Wakasad menyampaikan bahwa club sepeda di jajaran Kotama dan Balakpus TNI AD dari Aceh hingga Papua dibentuk untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi dari tiap club. 

Pemeriksaan dan Pembekalan Psikologi terhadap Prajurit Batalyon beserta keluarga yang akan Melaksanakan Penugasan Pamtas

TNI-AD sebagai salah satu alat pertahanan negara memiliki tugas pokok dalam menjaga kedaulatan negara di darat dari segala bentuk ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar negeri. Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) merupakan Badan Pelaksana Pusat TNI-AD yang memiliki tugas dalam mendukung Tupok TNI-AD tersebut dengan melaksanakan penyiapan, perawatan, pengembangan dan pemeliharaan psikologis prajurit TNI-AD.