Sertijab Kadispsiad, Dispsiad Akan Terus Bantu Masalah Psikis Pasien Covid-19 di Wisma Atlet

Sertijab Kadispsiad, Dispsiad Akan Terus Bantu Masalah Psikis Pasien Covid-19 di Wisma Atlet

Jabatan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) diserahterimakan dari Brigjen TNI Dr Eri Radityawara Hidayat, MBA, MHRMC kepada Kolonel (Caj) Drs Bambang Sutisna M.Psi. 

 

Sertijab tersebut sebelumnya dilaksanakan di Mabes TNI AD, pada Selasa 26 Januari 2021 lalu.

Diwawancarai khusus oleh Pikiran Rakyat, Kadispsiad lama Brigjen TNI Eri Radityawara Hidayat menyatakan sudah banyak program yang dilakukan oleh Dispsiad saat Eri masih menjabat. Terutama dalam memperbaharui alat-alat untuk tes psikologi bagi Anggota TNI AD.

"‎Kami sudah bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UI, Fakultas Psikologi UGM, Fakultas Psikologi Unpad, dan Fakultas Psikologi Universitas Bina Nusantara. Tujuannya adalah untuk menguji validitas dan reliabilitas alat-alat teks indeks. Semisal tes indeks moderasi bernegara dan alat tes psikolog‎i secara daring," ucap Eri saat diwawancarai pada Rabu 27 Januari 2021.

Menurut‎ Eri selain alat yang tadi disebutkan, Dispsiad juga sedang berupaya untuk mendapatkan alat-alat tes psikologi yang dapat secara lebih akurat untuk menggambarkan aspek-aspek kemampuan berbagai suku yang ada di Indonesia. Semisal suku Papua atau suku Dayak.

Di masa pandemi Covid-19 ‎ini lanjut Eri, Dispsiad tetap melakukan fungsinya sebagai lembaga psikologi bagi anggota TNI AD. 

Kadispsiad baru Kolonel (Caj)‎ Drs Bambang Sutisna M.Psi pun siap melanjutkan program-program lama. Sekaligus menambah program-program baru. "Jadi untuk bidang penyiapan psikologi kita selalu mendukung dinamika dalam pelaksanaan werving Prajurit sesuai kebijakan dari pusat," ucapnya.

"Pada pengembangan psikologi untuk pendidikan perwira konselor  maka kami akan ‎mengusulkan pendidikan bintara konselor. Tujuannya nanti para lulusannya akan berperan sebagai kepanjangan tangan kita untuk menangani awal masalah psikologis prajurit di satuannya," ucapnya.

Sementara pada bidang ‎pemeliharaan psikologi tahun ini Dispsiad selain melakukan pemeriksaan psikologi untuk batalyon penugasan perbatasan dan daerah rawan, juga diberi kepercayaan untuk melakukan pendataan psikologi kepada prajurit dari 4 batalyon yang akan melaksanakan tugas luar negeri.