PENYULUHAN TENTANG GEJALA KANKER ANAK

PENYULUHAN TENTANG GEJALA KANKER ANAK

Sangkuriang-Bandung. Sekretaris Dinas Psikologi TNI  Angkatan Darat (Sesdispsiad) Kolonel Inf Heny Setyono, S.Psi., M.Si memimpin personel Militer, PNS Dispsiad  dan Persit  Dispsiad dalam kegiatan penyuluhan kesehatan secara virtual tentang gejala kanker pada anak di Gedung Upala Pratama Madispsiad. Rabu (15/06/22).

Kegiatan penyuluhan yang juga diikuti Kotama jajaran TNI AD,  dibuka oleh Aspers Kasad Mayjen TNI Darmono Susastro,  S.I.P. di Mabesad. Acara dihadiri Ketua Umum Persit KCK Ny. Rahma Dudung, Ketua YKAKI Ira Soelistyo dan Ketua Pembina YKAKI Andi F. Noya. Sedangkan materi penyuluhan disampaikan oleh dokter kesehatan anak, DR. Dr. Teny Tjitra Sari, Sp.A(K)., MPH.

DR. Dr. Teny Tjitra Sari, dalam ceramahnya menyampaikan, kanker merupakan tumor ganas karena tidak memiliki kapsul, sehingga mudah menyebar. Kanker anak adalah kanker yang menyerang anak berusia di bawah 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Dimana kasus kematian anak akibat kanker di Indonesia masih tinggi.

Sebagian kanker yang sering diderita oleh anak yaitu leukimia (kanker darah) dan tumor otak. Penyebab kanker pada anak pada umumnya dipengaruhi adanya mutasi genetik. Bisa karena perubahan sendiri atau bisa diturunkan dari orang tuanya. Kanker pada dewasa dapat dicegah melalui gaya hidup yang baik. Namun kanker pada anak sering tidak bisa dicegah namun bukan berarti didiamkan.