PEMERIKSAAN DAN PEMBEKALAN PSIKOLOGI KEPADA PRAJURIT SATGAS

PEMERIKSAAN DAN PEMBEKALAN PSIKOLOGI KEPADA PRAJURIT SATGAS

Papua. Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat menyikapi proses dinamika di lapangan dalam kegiatan pemeriksaan dan pembekalan psikologi kepada prajurit Satgas di wilayah Kodam XVIII/KSR yang akan melaksanakan Satgas Pamtas Penyangga Khusus RI-PNG. Tim Psikologi dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Pemeliharaan Psikologi (Kalaharpsi) Kolonel Caj Dr. Suyanto, S.Psi., M.Psi., Psikolog. (7/12/2021)

Kegiatan pemeriksaan dan pembekalan psikologi merupakan program pemeliharaan psikologi prajurit agar prajurit dan satuannya siap dalam melaksanakan penugasan. Kegiatan biasanya dilaksanakan di Mayonif satuan yang akan melaksanakan penugasan operasi, namun kali ini dengan situasi yang ada, Tim Psikologi yang mobile ke satuan terkecil di wilayah tertentu. Tim psikologi melaksanakan  pemeriksaan dan pembekalan psikologi di Pos Depan dengan agar prajurit memiliki kesiapan psikologi yang dipersyaratkan.

Lokasi yang dituju merupakan wilayah yang menuntut tingkat pengamanan yang berbeda dibandingkan jika pelaksanaannya digelar di Mayonif. Tim Psikologi mengikuti ketentuan protap pengamanan personel dalam melaksanakan kegiatan disuatu wilayah tertentu. Beberapa perlengkapan digunakan oleh Tim Psikologi sebagai perlindungan keselamatan selama melaksanakan kegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tujuh hari dapat berjalan dengan tertib aman dan lancar, sebagai hasil dari kordinasi yang baik dan upaya dalam mengikuti ketentuan yang berlaku.

“UPAKRIYA LABDHA PRAYOJANA BALOTTAMA” 

(Mengabdi untuk membentuk Prajurit yang berdaya guna dan berhasil guna)