PENDATAAN PSIKOLOGI CALON PESERTA PPRA (PROGRAM PENDIDIKAN REGULER) LEMHANAS ANGKATAN LXII TA.2021

PENDATAAN PSIKOLOGI CALON PESERTA PPRA (PROGRAM PENDIDIKAN REGULER) LEMHANAS ANGKATAN LXII TA.2021

Sebanyak 103 orang pada Hari Selasa, 24 November 2020 mengikuti pendataan psikologi dalam rangkaian kegiatan Program Pendidikan Reguler Angkatan LXII Lemhannas RI TA.2021 yang bertempat di kantor Lemhannas RI Jalan Medan Merdeka Selatan. Dinas Psikologi Angkatan Darat yang merupakan Badan Pelaksana Pusat di jajaran TNI AD mendapat kepercayaan dari Lemhannas RI untuk melaksanakan pendataan psikologi tersebut.

Kegiatan pendataan psikologi tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat , Brigjen TNI Dr. Eri R Hidayat,MBA.,MHRMC. Dalam sambutannya, Kadispsiad memberikan pesan kepada calon peserta untuk dapat menampilkan kemampuan terbaiknya yang sebelumnya telah didapatkan dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, sehingga mampu mengerjakan persoalan, menjalani simulasi yang ada secara optimal, serta dapat memenuhi kriteria yang dipersyaratkan oleh Lemhannas sebagai peserta PPRA LXII.

Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII sebenarnya baru akan dilaksanakan pada tahun 2021, namun untuk mendapatkan para peserta yang terbaik, maka kegiatan ini dilakukan sebelum tahun 2021, sehingga diperoleh para peserta yang memiliki kualitas terbaik. Kegiatan pendataan psikologi yang dilaksanakan oleh Dinas Psikologi Angkatan Darat, terdiri dari beberapa rangkaian, antara lain pengambilan data potensi psikologi melalui tes tertulis, serta kegiatan simulasi untuk melihat kompetensi riil dari para calon peserta.

Kegiatan tes tertulis tersebut dimulai pada pagi harinya dengan mengerjakan beberapa tes kecerdasan dan tes kepribadian, dan kemudian dilanjutkan oleh kegiatan simulasi pada siang harinya. Pada kegiatan simulasi, para calon peserta diminta untuk bermain peran sebagai seseorang dalam pemerintahan sesuai dengan layaknya kondisi riil yang ada, sehingga diharapkan wawasan, dan kemampuan dari calon peserta dapat terlihat serta teruji sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh Lemhannas untuk menjadi peserta PPRA LXII. Dengan adanya gabungan dua metode pengetesan tersebut, yakni tes potensi dan tes kompetensi, maka diharapkan akan diperoleh kader-kader pimpinan bangsa di masa depan.