PENYULUHAN PSIKOLOGI DAN SOSIALISASI KONSELING  ELEKTRONIK BAGI PRAJURIT TNI AD TA. 2020 KOREM 181/PVT.

PENYULUHAN PSIKOLOGI DAN SOSIALISASI KONSELING ELEKTRONIK BAGI PRAJURIT TNI AD TA. 2020 KOREM 181/PVT.

Pada hari Rabu tanggal 25 November 2020 pukul 10.30 WIT, Tim Dinas Psikologi TNI AD Mayor Caj (K) April dan Letda Caj Chakti Pibowo didampingi Pasi Pers Korem 181/PVT Mayor Caj (K) Welmientje Matulapelwa dan Kabintal Korem 181/PVT Lettu Inf Abner Salawati, melaksanakan penyuluhan Psikologi tentang bunuh diri dan Sosialisasi Konseling Elektronik (Kons-el) bagi prajurit TNI AD Jajaran Korem 181/PVT TA. 2020, bertempat di Aula Mess Korem 181/PVT Jl. Pramuka No.1 Kelurahan Malamso Distrik Malaisimsa, Kota Sorong Prov, Papua Barat.

Mayor Caj (K) April dalam penyuluhan dan sosialisasinya menyampaikan definisi bunuh diri adalah sebagai tindakan fatal yang mewakili keinginan seseorang untuk meninggal, ada beberapa aspek bunuh diri diantaranya budaya yang meliputi kekeluargaan, distorsi budaya, kepercayaan pulung gantung, transisi budaya, dan sosial ekonomi. Psikologi-Psikatri itu sendiri meliputi depresi, skizofrenia dan kepribadian, serta genetika yaitu adanya gen pembawa sifat bunuh diri.

Beberapa faktor resiko untuk bunuh diri meliputi depresi 60%, gangguan jiwa berat (Skizofrenia), gangguan kepribadian terutama borderline, putus asa, status soisal ekonomi (rendah dan tinggi), usia (remaja atau lebih dari 60 th), jenis kelamin (wanita mencoba lebih banyak dari pada laki-laki, akan tetapi laki-laki lebih berhasil dalam melakukan bunuh diri).

Faktor lainnya resiko untuk bunuh diri diantaranya pengangguran, perceraian, banyak konflik, mengalami kekerasan, mengalami bulying (ejekan), insight buruk, terisolasi secara sosial dan keluarga yang tidak responsive, riwayat orang tua depresi, adanya pelecehan seksual.

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bunuh diri yang dilakukan oleh Personel ditinjau dari aspek Psikologi sebagai upaya mencegah terjadinya perilaku bunuh diri di lingkup TNI AD.