Soemarto Dipl. Psych lahir di kota Solo, tepatnya pada tanggal 15 September 1925. Beliau terlahir dari seorang ibu bernama  Soeparti Widosari dengan ayah RMTH. Prawiro Koesoemo.  Beliau mengenyam pendidikan formal tertinggi di Universitas LEIDEN Belanda dan melanjutkan ke Universitas BONN di Jerman Barat pada tahun 1961. Sedangkan pendidikan Militer yang pernah ditempuh adalah Tentara Pelajar Brigif 17 dan Suskat Seskoad tahun 1968. Pada tahun 1977 beliau menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat, seperti pendahulunya beliau melanjutkan perjuangan yang telah dirintis untuk mengembangkan  Dispsiad  menjadi lebih maju.

Pada masa kepemimpinannya  telah  dilakukan  penelitian kolerasional dalam rangka validasi test intelegensi dengan prestasi pendidikan Taruna Akmil, kemudian kolerasi validasi test inteligensi dengan performance prajurit berdasarkan penelitian atasan langsung berdasarkan sample anggota Batalyon Infanteri yang berkedudukan di Banjar.

Selain itu dilakukan penelitian mengenai sikap dan pendapat berbagai lapisan masyarakat di wilayah DKI Jakarta terhadap hasil pembangunan dalam rangka membantu Kodam V/Jaya, penelitian mengenai ”combat readiness” (efektivitas kesatuan) Batalyon, mengembangkan metoda pelatihan penghayatan (suatu pelatihan yang menggunakan experiental learning method) dalam upaya meningkatkan keterampilan memimpin, Motivasi berprestasi (achievement motivation), pembentukan kohesivitas tim (Teambuilding) terutama sangat berperan dalam pembentukan Den 81 dan peningkatan efektivitas Batalyon Infanteri. 

Selanjutnya mulailah banyak instansi lain diluar TNI-AD menjalin kerjasama dengan Dispsiad, yaitu : Perumtel dalam pelatihan efektivitas kerjasama kelompok dan Departemen Kehakiman (Dirjen Imigrasi) dalam hal pendataan personel (atas ijin Kasad). Pada masa ini pula Dispsiad pernah melakukan penerimaan Pegawai Negeri Sipil secara mandiri dan pengelolaan Susreg. Dalam masa karirnya pernah menduduki jabatan antara lain : Pa Seleksi LPT, Pa Ahli Puspsi, Karo Konsultasi Puspsi, DAN Pusdik Psi, Kalapsimil, Kalalekklas, Asisten Penindakan, Dekan Fak Psi Unpad dan Kadispsiad. Selain itu beliau pernah terlibat dalam Operasi Timor-Timur dan Kopasandha dibawah pimpinan  Letnan Jenderal Luhut Panjaitan dan Pemilahan Tapol Pulau Buru. Bahkan setelah purna tugas dari TNI beliau tetap mengabdikan ilmu psikologi dengan bekerjasama dengan instansi psikologi lain untuk mengembangkan Assessment Center di Hegar Manah.

Beliau meninggal di Rs. Hasan Sadikin Bandung pada tanggal 15 Juni 2003 jam 04.05 WIB karena sakit, meninggalkan satu orang istri dan dua orang anak. Bintang jasa yang dimiliki yaitu SL. Bintang Grilya, SL. Bintang Sewindu, SL. Bintang Kartika Eka Paksi Klas III, SL. Kesetiaan VIII, XVI, XXIV tahun, SL.  Perang Kemerdekaan I dan II, SL. GOM I, SL. Penegak dan SL. Dwidya Sistha.

Atas dasar jasa-jasa beliau, namanya kemudian diabadikan pada Gedung PPKJ II Dispsiad dengan nama baru Gedung Soemarto.