Masa Pensiun itu ada yang menyenangkan ada juga yang menyedihkan. Ini sebenarnya tergantung dari diri kita masing masing bagaimana mempersiapkan masa depan yaitu masa pensiun. Masa pensiun bisa menjadi hantu bagi Anda, jika Anda tidak mempersiapkannya jauh hari. Masa tua, penyakit karena umur, anak-anak yang masih bergantung kepada Anda, keluarga yang masih membutuhkan uluran tangan, tetangga kanan kiri yang belum bisa menerima Anda, dan keadaan lainnya, bisa jadi menyenangkan, bisa jadi sangat menakutkan
 
Tips menghadapi Pensiun :

1.    Rencanakan masa pensiun beberapa bulan atau beberapa tahun sebelumnya dengan pikiran yang jernih dan tenang sehingga pengaturan keuangan di masa pensiun dapat direncanakan secara bersamaan. Antara lain :

a.    Menabung. Menabung sebelum masa pensiun merupakan investasi jangka panjang untuk kelangsungan hidup dimasa datang.

b.    Asuransi. Asuransi kesehatan adalah upaya melindungi pensiunan dan keluarganya untuk menutupi kebutuhan pengeluaran kesehatan yang jumlahnya tidak sedikit.

c.    Investasi Dini.     Apapun bentuknya, inventasi dapat menjadi solusi untuk kehidupan di masa yang akan datang.

d.    Pindah kelingkungan yang lebih murah.     Dengan menetap dilingkungan yang lebih ekonomis dapat meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang usia.

2.    Hadapi masa pensiun dengan “positif” karena hal ini sangat membantu psikologis dalam menghadapi masalah ini.

3.    Gunakan waktu pensiun dengan sebaik-baiknya dan serileks mungkin bersama pasangan. Lanjukan kegiatan yang menjadi hobi seperti berkebun, mengunjungi cucu/anak dan teman teman lama agar tidak merasa jenuh.

4.    Lakukan kegiatan olah raga secara rutin sesuai minat dan kondisi tubuh.

5.    Kurangi dan hilangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan berkoresterol tinggi, merokok dan minum minuman beralkohol.

6.    Ikuti kegiatan sosial yang menarik di lingkungan sekitar.

7.    Libatkan diri dalam aktivitas orang-orang terdekat untuk menghilangkan kesepian.

8.    Tingkatkan aktivitas diri yang dapat lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Berdoa, meditasi dan lainya akan membuat hidup terasa lebuh damai dan tenang.