Dalam amanatnya Pangdam lebih dalam menguraikan bahwa kegiatan ceramah ini merupakan momentum yang sangat penting dan bermanfaat bagi para siswa-siswi dalam pemahaman mengenai bagaimana cara atau kiat untuk meningkatkan motivasi, baik dalam hal belajar maupun dengan berbagai teknik penyelesaian masalah yang timbul dalam meningkatkan ilmu pengetahuan.

Pelaksanaan ceramah ini adalah mengingatkan para siswa-siswi di mana masih sering terjadi perbuatan yang menjurus pada perkelahian pelajar, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan perbuatan-perbuatan yang merusak masa depan pelajar sebagai generasi muda. Semua perbuatan itu akan merusak bangsa dan negara kita karena tulang punggung bangsa berada pada generasi muda.

Sebagaimana dapat kita saksikan melalui media massa baik media elektronik maupun media cetak, dapat kita saksikan kasus-kasus kekerasan yang merupakan fenomena yang sangat sering terjadi di kota-kota besar di tanah air kita. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu pemicu terjadinya kekerasan tersebut antara lain karena faktor lingkungan, keluarga, sosial, ekonomi maupun keimanan masing-masing individu, ” ujar Pangdam.

Kegiatan motivation training ini diawali dengan ceramah psikologi kepada 450 siswa-siswi SMP Kartika V-1 Balikpapan, yang disampaikan Tim dari Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) dari Bandung. Tim dipimpin oleh Kolonel Inf Imran Amrun, M.Psi. Kegiatan ceramah psikologi ini akan diberikan juga kepada pelajar SMA, SMK Kartika V-1 Balikpapan secara bergantian waktunya mengingat banyaknya jumlah pelajar.

Selain memberikan kegiatan motivation training kepada siswa-siswi SMP, SMA, SMK Kartika Yayasan Kartika Jaya daerah VI Tanjungpura yang dibina langsung oleh Pangdam VI/Tpr, juga akan digelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) kepada seluruh Kepala Sekolah SD hingga SMA/SMK yang berada dibawah naungan yayasan Kartika Jaya wilayah Kaltim. LDK dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 5-6 September 2009.