Kalawatpsi

a.         Kalawatpsi dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel, Sarjana Psikologi berkualifikasi Psikolog, merupakan pelaksana teknis khusus psikologi yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan dibidang pencegahan dan penanganan permasalahan psikologi yang dihadapi prajurit Angkatan Darat dan keluarganya agar tercapai kondisi psikologi yang optimal, dengan tugas kewajiban sebagai berikut :

1)        Memimpin, mengendalikan, mengkoordinasikan dan mengawasi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan di lingkungan Subdiswatpsi.

2)        Menyusun rencana dan program kerja Subdiswatpsi yang meliputi bidang pencegahan dan penanganan permasalahan psikologi.

3)        Merencanakan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan kegiatan pencegahan timbulnya permasalahan psikologi dikalangan anggota TNI AD beserta keluarganya.

4)        Merencanakan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan kegiatan rehabilitasi psikologi bagi anggota TNI AD dan keluarganya yang memiliki permasalahan psikologi.

5)        Menyelenggarakan klinik psikologi terhadap anggota TNI AD maupun keluarganya untuk membina keseimbangan dan keselarasan kondisi psikologi agar dapat melaksanakan tugas dengan berhasil dan berdayaguna.

6)        Merencanakan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan pengkajian mengenai permasalahan-permasalahan psikologi prajurit dan keluarganya.

7)        Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kadispsiad sesuai dengan bidang tugasnya.

b.         Kalawatpsi dalam melaksanakan tugas dibantu oleh dua Kepala Bagian yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Letnan Kolonel dan satu Perwira Seksi yang dijabat oleh seorang Pama Angkatan Darat berpangkat Kapten, yaitu :

1)        Kepala Bagian Pencegahan, disingkat Kabagcegah.

2)        Kepala Bagian Klinik Psikologi, disingkat Kabagklinikpsi.

3)        Perwira Seksi Administrasi, disingkat Pasimin.

c.         Kalawatpsi Dispsiad dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Kadispsiad.