Kalaharpsi

a.         Kalaharpsi dijabat oleh seorang  Pamen  Angkatan Darat berpangkat Kolonel, Sarjana Psikologi berkualifikasi psikolog, merupakan pelaksana teknis khusus psikologi yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan dibidang pemeliharaan psikologi prajurit dan satuan Angkatan Darat agar terpelihara motivasi, semangat, kepemimpinan dan mendukung tercapainya kinerja satuan yang optimal, dengan tugas kewajiban sebagai berikut :

 

1)        Memimpin, mengendalikan, mengkoordinasikan dan mengawasi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan di lingkungan Subdisharpsi.

 

2)        Menyusun rencana dan program kerja Subdisharpsi yang meliputi bidang pemeliharaan psikologi prajurit dan satuan.

 

3)        Merencanakan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan pengkajian kondisi psikologi prajurit, satuan dan lingkungan masyarakat di sekitar satuan Angkatan Darat.

 

4)        Merencanakan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan pembinaan kondisi psikologi prajurit dan satuan sebagai upaya mendukung tugas pokok TNI AD.

 

5)        Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kadispsiad sesuai dengan bidang tugasnya.

 

b.         Kalaharpsi dalam melaksanakan tugas dibantu oleh dua Kepala Bagian yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Letnan Kolonel dan satu Perwira Seksi yang dijabat oleh seorang Pama Angkatan Darat  berpangkat Kapten, yaitu :

 

1)        Kepala Bagian Pengkajian Kondisi Psikologi Satuan, disingkat Kabagjianpsisat.

 

2)        Kepala Bagian Penyelenggaraan Pemeliharaan Psikologi Satuan, disingkat Kabaggaraharpsisat.

 

3)        Perwira Seksi Administrasi, disingkat Pasimin.

 

c.         Kalaharpsi dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Kadispsiad.